kursus servis hp

kursus servis hp

Minggu, 06 Maret 2011

Solusi - Atasi ponsel Nokia charging (ngecas) bermasalah atau problem



Kali ini saya sedikit cerita ya...
Liburan dua hari yaitu hari sabtu dan minggu ini sy serombongan pergi tuk hilangin kepenatan yg selama ini menjadi rutinitas kerja sehari hari,yah... biar otak dingin sedikitlah...

Acara demi acara pelepas pening berjalan dengan lancar dan enjoy eh... tiba tiba ada yang ngedumel "sialan baterai habis mau telepon gebetan gue tidak bisa nih" selanjutnya dia coba cas ponsel kesayangannya,beberapa menit kemudian dia coba periksa ponselnya, eh sialnya lagi baterainya tetap kosong tidak bisa full seperti gambar diatas, setelah diamat amati eh..ternyata ponselnya tidak mengecas sama sekali atau tidak ada respon pengisian baterai lalu sambil jengkel dia masukin tuh ponsel sambil ngomel " Sialan! " rupanya dia sangat dongkol.

Dalam perjalanan pulang saya suruh mampir kekonter saya dan dalam hitungan detik ponsel sudah normal kembali, dia bilang " Eh mas kok cepet banget nih diapain ya mirip sulapan aja sambil terheran heran ".

Buat pengunjung setia blog ini mungkin ingin tau rahasianya ya.... nih coba simak ya

Kerusakan ponsel Nokia yang bermasalah pada pengisian baterai terbagi menjadi 3 yaitu:
1. Pengisian tidak ada respon.
2. Pengisian tidak support atau pegisian gagal / tidak mengisi
3. Pengisian berjalan lancar namun beterai tidak bisa penuh.

Untuk atasi kerusakan pada nomor satu tersebut diatas yaitu:
a. Coba ganti charger yang lainnya dulu karena bisa ada kemungkinan chargernya yang rusak, bila ternyata kerusakan pada chargernya belikan charger yang baru.

b. Cek Komponen pengamannya dalam hal ini yaitu Fuse atau sekering bilamana putus lakukan trik jumper.

Untuk atasi kerusakan pada nomor dua tersebut diatas yaitu:
Cek kapasitor pada jalur BSI mungkin terdapat kebocoran arus listrik dikapasitor tersebut sehingga nilai arus dan tegangannya sudah tidak sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan untuk power suply atau ic charggernya, solusinya trik cabut kapasitor yang bermasalah tersebut atau trik jumper.

Untuk atasi kerusakan pada nomor tiga yaitu:
a.Cek jalur BSI nya untuk menghindari kekeliruan cek dengan seksama skema ponselnya ada kemungkinan kotor atau korosi / retak sehingga kurang terkoneksi.
b.Cek Resistor pada jalur BSI untuk menghindari kekeliruan cek dengan seksama skema ponselnya ada kemungkinan nilai resistornya sudah banyak berubah.

Trus kesimpulannya apa dengan cerita tersebut diatas?
Setelah saya cek ternyata hanya Fuse nya saja yang putus yah... langsung aja aku jumper atau aku sambungkan pakai timah langsung dan....hasilnya....luar biasa! ponsel jadi normal kembali.

7 komentar:

  1. bos bisa lebih jelas lg gk??
    da gambar yg detail gk ?

    BalasHapus
  2. bos saya ada nokia 6600,pas di cas langsung koslet,diganti casnya kayak gitu juga di tes dengan multi jalur casnya teryata konslet trus saya kapasitor tetap juga konslet,apa mungkin UM nya bos,,,,

    BalasHapus
  3. boss...minta skema'y dong...thank's sblum'y.

    BalasHapus
  4. Hp nokia 5200 aku pada saat d cas d tulis "sdang mengisi" tp kira" 5 menit kmudian keluar tulisan "baterai kosong" dan plek,hp mati sodara sodara. Kira" ap problem'a?

    BalasHapus
  5. silakan baca posting diatas,disitu dah dibahas smua

    BalasHapus
  6. bagi dong bang gmbr trik jumper'y bang

    BalasHapus